*Sirius*

Minggu, 19 Juli 2009

Squidward and Gary


Tahu kan? Si pemain klarinet bertentakel ini adalah seekor gurita. Nah.. gurita itu termasuk dalam filum mollusca, yaitu hewan bertubuh lunak. Ternyata dia dan Gary, siputnya Sponge Bob yang sering membuat jengkel squidward karena gary sering mengeluarkan lendir di depan rumahnya, juga satu filum. Hubungan kekerabatan squidwarld dan gary cukup dekat lho.
Yap, squidward masuk dalam kelas Cepahalopoda, sedangkan Gary di kelas Gastropoda.

Cephalooda (Chepalo = kepala, podos = kaki). Jadi, Cepahalopoda itu adalah binatang yang mempunyai kepala di kaki.. ehh kaki di kepala deh (Hehe.. bedanya apa ya? Jadi kaya lagunya peterpan ”Kaki di kepala, kepala di kaki”).
Selain gurita (Octopus sp.), anggota yang lain adalah sotong (Sepia officinalis) dan cumi-cumi (Loligo sp.)
Makanannya berupa udang, kepiting, atau invertebrata lain (wahh..gaswat!! Mr. Krab bisa dimakan juga donk??). Kebanyakan cephalopoda memiliki organ pertahanan diri berupa kantong tinta yang berisi cairan seperti tinta berwarna coklat atau hitam. Jika hewan ini terancam oleh musuh, tinta akan disemburkan keluar melalui anus yang terletak di kepala (bukan cuma kaki ternyata yang ada di kepala, tapi anus juga. Ckckckck)

Sedangkan Gary alias Gastropoda adalah kelompok hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak (kaki). Misalnya siput air (Lymnaea sp.), remi (Corbicula javanica) dan bekicot (Achatina fulica).
Tubuhnya dilindungi oleh cangkang tunggal. Pada kepala terdapat tentakel dan mulut. Pda ujung tentakel panjang terdapat mata yang berfungsi untuk membedakan gelap dan terang, yang pendek berfungsi sebagai pembau.

Selain dua kelas itu, juga masih ada pelecypoda (kerang)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Foto Saya
Nama:
Lokasi: jaktim, dki, Indonesia
myspace layouts images

myspace layouts

Powered by Blogger

Berlangganan
Postingan [Atom]

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Buat Aku Tersenyum, Sheila On 7.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net