*Sirius*

Kamis, 25 Juni 2009

Patrick Star


Teman dekat Sponge Bob yang agak idiot ini masuk dalam filum Echinodermata (Yunani, echino = landak, derma = kulit) yaitu hewan yang memiliki rangka dalam (endoskeleton) berduri yang menembus kulit atau biasa disebut hewan berkulit duri.

Tubuh Echinodermata ada yang berbentuk seperti bintang, bulat, pipih, bulat memanjang, dan seperti tumbuhan. Echinodermata merupakan hewan yang hidup bebas di dasar laut, dari daerah pantai hingga laut dalam. Makanannya kerang, plankton, atau organisme yang mati dan membusuk, tergantung pada jenisnya.

Filum Echinodermata diperkirakan mencapai 8.000 species dan dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu :

Asteriodea (Bintang laut). Merupakan kelas dengan jumlah species terbanyak. Tubuh bintang laut memiliki duri tumpul dan pendek. Duri tersebut ada yang termodifikasi menjadi bentuk sperti catut pediselaria (berfungsi untuk menangkap makanan dan melindungi permukaan tubuh dari kotoran). Tubuhnya terdiri dari cakram pusat dengan lima lengan yang menjulur dari cakram pusat. Batas antara cakram pusat dan lengan tidak jelas. Contohnya Achanthaster sp., Linckia sp., dan Pentaceros sp.


Ophiuroidea (Yunani, ophio = ular). Tubuhnya berbentuk bintang dengan duri halus dan tumpul seperti Asteriodea, namun lengannya lebih panjang, langsing dan fleksibel. Cakram pusatnya kecil dan pipih serta berbatas jelas dengan lengan-lengannya. Hewan ini bergerak lebih cepat daripada bintang laut. Gerakan lengannya seperti gerakan ular. Contohnya bintang mengular (Ophiotrix suemsonii).


Echinoidea. Tubuhnya berbentuk bola atau pipih, tanpa lengan. Echinoidea yang berbentuk bola misalnya bulu babi (Diadema saxatile)
dan landak laut (Arbacia punctulata). Permukaan tubuhnya berduri panjang. Sedangkan yang bertubuh pipih misalnya dolar pasir (Echinarachnius parma). Durinya yang halus dan rapat berfungsi untuk bergerak, menggali, dan melindungi tubuhnya dari kotoran.

Holothuroidea (timun laut atau tripang). Tubuh hewan ini memanjang, tidak berduri dan tidak berlengan. Hewan ini menagkap makanan dengan lendir yang terdapat pada permukaan tentakel yang terletak di sekitar mulut. Contohnya adalah Cucumaria sp., Holothuria sp., dan Bohadchia argus.


Crinoidea. Hewan ini berbentuk seperti tumbuhan dan tidak berduri. Kelompok crinoidea yang tubuhnya bertangkai dikenal sebagai lili laut (contohnya Metacrinus rotundus) dan yang tidak bertangkai disebut bintang laut berbulu (contohnya Oxycomanthus benneffi).

Echinodermata juga berperan lho bagi manusia. Contohnya landak laut, telurnya banyaknya dikonsumsi di Jepang, gamet serta embrionya sering digunakan para ilmuwan biologi untuk bahan penelitian mengenai fertilisasi dan perkembangan awal. Namun, bintang laut sering dianggap merugikan oleh pembudidaya tiram mutiara dan kerang laut karena bintang laut merupakan predator hewan-hewan budidaya tersebut. Kebalikan dari Sponge Bob yang merupakan hewan penyusun terumbu karang, si Patrick ini dianggap sebagai perusak terumbu karang lho. Kenapa begitu ya? Patrick nakal sih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Foto Saya
Nama:
Lokasi: jaktim, dki, Indonesia
myspace layouts images

myspace layouts

Powered by Blogger

Berlangganan
Postingan [Atom]

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Buat Aku Tersenyum, Sheila On 7.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net