*Sirius*

Kamis, 25 Juni 2009

Sponge Bob Square Pants



Tahukah kamu?

Sang tokoh utama yang berwarna kuning, kotak, dan mempunyai lubang-lubang di sekujur tubuhnya ini termasuk dalam filum Porifera lho.

Porifera (Latin, porus = pori, fer = membawa) adalah hewan multiseluler yang paling sederhana. Tubuh hewan ini berpori (ostium) seperti busa atau spons sehingga sering juga disebut hewan spons.

Berbeda dengan Sponge Bob yang sering makan Krabby Patty,

makanan porifera sebenarnya adalah bakteri dan plankton.

Makanan itu masuk ke dalam tubuhnya secara difusi.

Habitat porifera umumnya di laut, mulai dari tepi pantai hingga laut dengan kedalaman 5 km. Porifera dewasa tidak dapat berpindah tempat (sesil), hidupnya menempel pada batu atau benda lain di dasar laut. Karena cirinya yang tidak dapat berpindah tempat itu, porifera kadang dianggap sebagai tumbuhan. Lohh, kenapa Sponge Bob bisa jalan2? mmmhh, mungkin karena dia belum dewasa ya? Hhe*

Moving on…

Ternyata jenis porifera itu banyak lho… sampai saat ini yang sudah teridentifikasi mencapai sekitar 9000 spesies dan diklasifikasikan menjadi tiga kelas. (Kira-kira Sponge Bob masuk kelas yang mana ya?) Lets check it out !


Kelas yang pertama itu adalah Hexactinellida (Hyalospogiae). Ciri-ciri dari kelas ini adala

h tubuhnya kebanyakan berwarna pucat, berbentuk vas bunga atau mangkuk, memiliki spikula dari silika, ujung spikula berjumlah enam (hexa) seperti bintang. Contohnya adalah Euplectella.


Kelas berikutnya adalah Demospongiae (Yunani, Demo = tebal) memiliki rangka yang tersusun dari serabut spongin. Ciri-cirinya yaitu tubuhnya berwarna cerah (merah, jingga, kuning, atau ungu) karena mengandung pigmen yang diduga berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari sinar matahari. Bentuk tubuhnya tidak beraturan dan bercabang. Habitatnya umumnya di laut, meskipun ada juga yang di air tawar. DemospongiaeDemospongiae juga merupakan kelas terbesar, mencakup 90% dari seluruh jenis porifera. Contoh Demospongiae adalah Spongia, Hippospongia yang dapat digunakan sebagai spons mandi, dan Niphates digitalis. adalah satu-satunya kelompok porifera yang anggotanya ada yang hidup di air tawar.

Kelas yang terakhir adalah Calcarea (Calcispongia). Memiliki rangka dari kalsium karbonat. Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan betuk seperti vas bunga, dompet, kendi, atau silinder. Calcarea hidup di laut dangkal, contohnya Sycon, Clathrina, dan Leucettusa lancife.


Berdasarkan ciri-ciri tiap kelas di atas sih, sepertinya Sponge Bob masuk kelas Demospngiae (Lihat saja warna tubuhnya yang kuning cerah). Tapi kita kan nggak tahu rangkanya Sponge Bob terbuat dari apa.


Ternyata peran porifera itu banyak lho.

Pernah melihat terumbu karang?

Seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa porifera dewasa hidup menempel di dasar laut, nahh... porifera itu merupakan penyusun terumbu karang.

Beberapa jenis porifera juga dapat digunakan sebagai spons mandi (Namun spons mandi yang banyak digunakan saat ini umumnya adalah spons buatan, bukan berasal dari kerangka porifera). Selain itu zat kimia yang dikeluarkan porifera memiliki potensi sebagai obat penyakit kanker dan penyakit lainnya. Wahh, hebat ya si Sponge Bob itu...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

Foto Saya
Nama:
Lokasi: jaktim, dki, Indonesia
myspace layouts images

myspace layouts

Powered by Blogger

Berlangganan
Postingan [Atom]

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Buat Aku Tersenyum, Sheila On 7.mp3

get more free mp3 & video codes at www.musik-live.net